Selasa, 16 Juni 2009

FORMAT BUKU CATATAN HARIAN TUTOR

Lampiran-Lampiran Evaluasi Pembelajaran

Lampiran 7

FORMAT BUKU CATATAN HARIAN TUTOR
(Bisa dibuat dalam buku tulis biasa)

Materi : Perkenalan dan Pengisian Format Penilaian Awal (diisi sesuai materi yang dibahas)
Pertemuan ke- : I
Tanggal : 17 Juli 2007

Kegiatan*)
Hal pertama yang dilakukan oleh Tutor dalam rangka pelaksanaan Program Pemberantasan Buta Aksara adalah perkenalan dengan warga belajar. Perkenalan ini berfungsi untuk memberikan arahan dan motivasi kepada warga belajar, serta memberikan penjelasan mengenai fungsi Program Pemberantasan Buta Aksara dan mahasiswa KKN periode 52 tahun 2007.
Kemudian, Tutor dan warga belajar yang hadir berdiskusi mengenai hal – hal yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar. Pada pertemuan ini, Tutor membagikan alat – alat tulis yang nantinya akan selalu digunakan oleh warga belajar.
Setelah menerima kantong yang berisi alat tulis, para warga belajar langsung membuka kantong tersebut dengan penuh semangat. Melihat rasa antusias warga belajar, tutor kemudian memberikan pengenalan huruf-huruf abjad dan membagikan format penilaian awal kepada para warga belajar.

*) Catatan :
1) Mencatat seluruh proses pembelajaran di kelompok belajar selama satu kali pertemuan
2) Mencatat kemajuan tiap WB dalam hal Diskusi – CALISTUNG – Aksi
3) Dukungan/bantuan yang diberikan tutor dalam membantu WB belajar di kelas
4) Kemukakan masalah yang dihadapi berkaitan dengan proses pembelajaran dan upaya pemecahannya.




Lampiran-Lampiran Evaluasi Pembelajaran

Lampiran 7

FORMAT BUKU CATATAN HARIAN TUTOR
(Bisa dibuat dalam buku tulis biasa)

Materi : Pengenalan Huruf Vokal dan
Menulis (diisi sesuai materi yang dibahas)
Pertemuan ke : II
Tanggal : 24 Juli 2007

Kegiatan*)
Pada pertemuan kedua, Tutor memberikan penjelasan mengenai cara membaca huruf abjad, dan mengenalkan huruf vokal. Warga belajar mengulangi pelafalan huruf yang diucapkan oleh tutor secara bersama-sama. Lalu warga belajar diberikan latihan menulis kembali huruf-huruf tersebut.
Selanjutnya warga belajar diminta bergantian untuk membaca huruf vokal. Dari kegiatan ini diketahui bahwa sebagian besar warga belajar masih belum hafal nama-nama dan bentuk huruf tersebut. Kemudian tutor secara perlahan-lahan dan bergantian menulis dan menyebutkan huruf vokal di papan tulis. Tutor juga memberikan perhatian khusus kepada warga belajar yang benar-benar tidak tahu atau belum mengerti tentang menulis dan melafalkan huruf vokal.

*) Catatan :
1) Mencatat seluruh proses pembelajaran di kelompok belajar selama satu kali pertemuan
2) Mencatat kemajuan tiap WB dalam hal Diskusi – CALISTUNG – Aksi
3) Dukungan/bantuan yang diberikan tutor dalam membantu WB belajar di kelas
4) Kemukakan masalah yang dihadapi berkaitan dengan proses pembelajaran dan upaya pemecahannya.






Lampiran-Lampiran Evaluasi Pembelajaran

Lampiran 7

FORMAT BUKU CATATAN HARIAN TUTOR
(Bisa dibuat dalam buku tulis biasa)

Materi : Pengenalan Huruf Konsonan dan
Menulis serta Kombinasi Huruf
Vokal dan Konsonan (diisi sesuai materi yang dibahas)
Pertemuan ke : III
Tanggal : 27 Juli 2007

Kegiatan*)
Di wal pertemuan, tutor mengajak warga belajar untuk mengingat kembali huruf vokal yang telah dipelajari. Tutor memberikan pengenalan dan cara pelafalan huruf konsonan kepada WB. Agar WB tidak bingung, tutor memberikan penjelasan, dan menyebutkan perbedaan huruf vokal dan konsonan. Selanjutnya tutor menyuruh WB secara bergantian untuk menyebutkan huruf-huruf tersebut. Setelah huruf konsonan diajarkan, tutor kembali mengajak para WB untuk melafalkan huruf-huruf abjad secara keseluruhan.
Di papan tulis, tutor menuliskan kombinasi huruf vokal dan konsonan dalam suku kata. Secara acak tutor meminta warga belajar untuk membaca suku kata yang ditunjuk oleh tutor. Hanya ada sebagian WB yang lancar dalam membaca suku kata ini. Pada akhir pertemuan tutor memberikan PR kepada WB untuk menyalin kombinasi huruf konsonan dan vokal dengan menggunakan huruf besar dan kecil.

*) Catatan :
1) Mencatat seluruh proses pembelajaran di kelompok belajar selama satu kali pertemuan
2) Mencatat kemajuan tiap WB dalam hal Diskusi – CALISTUNG – Aksi
3) Dukungan/bantuan yang diberikan tutor dalam membantu WB belajar di kelas
4) Kemukakan masalah yang dihadapi berkaitan dengan proses pembelajaran dan upaya pemecahannya.


Lampiran-Lampiran Evaluasi Pembelajaran

Lampiran 7

FORMAT BUKU CATATAN HARIAN TUTOR
(Bisa dibuat dalam buku tulis biasa)

Materi : Kombinasi Konsonan dan Vokal (diisi sesuai materi yang
dibahas)
Pertemuan ke : IV
Tanggal : 29 Juli 2007

Kegiatan*)
Di awal pertemuan belajar, tutor memeriksa pekerjaan rumah warga belajar yang telah hadir. Ternyata hampir seluruh WB bisa menulis kombinasi huruf vokal dan konsonan. Tutor kemudian mengulang kembali pelafalan huruf abjad secara keseluruhan, serta pengelompokkan huruf vokal dan konsonan.
Pada pertemuan ini, tutor menjelaskan lagi tentang kombinasi huruf vokal dan konsonan untuk memperkuat ingatan warga belajar secara keseluruhan di papan tulis. Warga belajar diminta maju satu per satu ke papan tulis untuk menulis dan melafalkan huruf yang disebutkan oleh tutor. Sebagian besar warga belajar masih lamban menulis di papan tulis karena masih sering lupa nama dan bentuk huruf, baik vokal dan konsonan. Sebelum kegiatan belajar usai, Tutor bersama warga belajar membaca kembali huruf secara keseluruhan selama beberapa kali. Dan warga belajar diberikan PR.

*) Catatan :
1) Mencatat seluruh proses pembelajaran di kelompok belajar selama satu kali pertemuan
2) Mencatat kemajuan tiap WB dalam hal Diskusi – CALISTUNG – Aksi
3) Dukungan/bantuan yang diberikan tutor dalam membantu WB belajar di kelas
4) Kemukakan masalah yang dihadapi berkaitan dengan proses pembelajaran dan upaya pemecahannya.




Lampiran-Lampiran Evaluasi Pembelajaran

Lampiran 7

FORMAT BUKU CATATAN HARIAN TUTOR
(Bisa dibuat dalam buku tulis biasa)

Materi : Kombinasi Konsonan dan Vokal
(Lanjutan) (diisi sesuai materi yang dibahas)
Pertemuan ke : V
Tanggal : 31 Juli 2007

Kegiatan*)
Pada pertemuan ini, tutor masih memberikan materi mengenai kombinasi huruf vokal dan konsonan. Awalnya, tutor mengajak WB untuk membaca huruf-huruf abjad.
Kemudian satu per satu WB diminta maju ke papan tulis untuk menuliskan suku kata yang disebutkan oleh tutor. Dari kegiatan ini didapat hasil bahwa masih banyak warga yang belum dapat menulis dan membaca suku kata. Hal ini diketahui dari masih terdapat kesalahan dalam menulis huruf.
Pada pertemuan ini, tutor masih mengajarkan materi mengenal membaca dan menulis kata. Kata yang dibahas dalam pertemuan ini adalah kata yang mengandung huruf vokal ganda, seperti kerbau, bantuan, dan lain-lain.

*) Catatan :
1) Mencatat seluruh proses pembelajaran di kelompok belajar selama satu kali pertemuan
2) Mencatat kemajuan tiap WB dalam hal Diskusi – CALISTUNG – Aksi
3) Dukungan/bantuan yang diberikan tutor dalam membantu WB belajar di kelas
4) Kemukakan masalah yang dihadapi berkaitan dengan proses pembelajaran dan upaya pemecahannya.






Lampiran-Lampiran Evaluasi Pembelajaran

Lampiran 7

FORMAT BUKU CATATAN HARIAN TUTOR
(Bisa dibuat dalam buku tulis biasa)

Materi : Kombinasi Konsonan dan Vokal
(Lanjutan) (diisi sesuai materi yang dibahas)
Pertemuan ke : VI
Tanggal : 3 Agustus 2007

Kegiatan*)
Pada pertemuan ini, materi yang dibahas masih mengenai kombinasi huruf vokal dan konsonan. Tutor mengenalkan huruf vokal ganda dan huruf vokal ganda kombinasi dengan konsonan kepada WB. Lalu tutor menulis huruf vokal ganda AI, AU, UI, IA, IO, OA, dan lain-lain di papan tulis. WB secara bersama-sama menirukan cara melafalkan huruf yang disebutkan oleh tutor di papan tulis.
Setelah itu, tutor kembali menulis huruf vokal ganda kombinasi dengan konsonan, seperti BUA, DEA, CAU, dan sebagainya. Tutor meminta WB secara bergantian untuk membacakan huruf vokal ganda kombinasi dengan konsonan, lalu diminta ke depan untuk menulis dan membacakan apa yang diminta tutor.

*) Catatan :
1) Mencatat seluruh proses pembelajaran di kelompok belajar selama satu kali pertemuan
2) Mencatat kemajuan tiap WB dalam hal Diskusi – CALISTUNG – Aksi
3) Dukungan/bantuan yang diberikan tutor dalam membantu WB belajar di kelas
4) Kemukakan masalah yang dihadapi berkaitan dengan proses pembelajaran dan upaya pemecahannya.








Lampiran-Lampiran Evaluasi Pembelajaran

Lampiran 7

FORMAT BUKU CATATAN HARIAN TUTOR
(Bisa dibuat dalam buku tulis biasa)

Materi : Pengenalan Diftong Kombiansi dengan
Huruf Konsonan, dan Huruf Kondonan
Ganda yang Dikombinasika dengan Huruf
Vokal (diisi sesuai materi yang dibahas)
Pertemuan ke : VII
Tanggal : 5 Agustus 2007

Kegiatan*)
Pertemuan kali ini diawali dengan mengingat kembail huruf abjad. Tutor mnuliskan huruf-huruf diftong dan mengajarkan cara memabacanya, warga belajar mengikuti pelafalan tutor. Kemudian, satu per satu warga belajar diminta untuk membaca kata yang mengandung diftong dan huruf konsonan ganda yang ditulis oleh tutor di papan tulis.
Agar warga belajar semakin lancar membaca dan memahami kombinasi diftong konsonan, serta kombinasi huruf konsonan ganda dengan vokal, maka warga belajar diminta untuk mempelajarinya dirumah mengerjakan pekerjaan rumah yang terkait dengan materi kombinasi diftong dengan konsonan, serta kombinasi huruf konsonan ganda dengan vokal.

*) Catatan :
1) Mencatat seluruh proses pembelajaran di kelompok belajar selama satu kali pertemuan
2) Mencatat kemajuan tiap WB dalam hal Diskusi – CALISTUNG – Aksi
3) Dukungan/bantuan yang diberikan tutor dalam membantu WB belajar di kelas
4) Kemukakan masalah yang dihadapi berkaitan dengan proses pembelajaran dan upaya pemecahannya.



Lampiran-Lampiran Evaluasi Pembelajaran

Lampiran 7

FORMAT BUKU CATATAN HARIAN TUTOR
(Bisa dibuat dalam buku tulis biasa)

Materi : Membaca dan Menulis Kata (diisi sesuai materi yang
dibahas)
Pertemuan ke : VIII
Tanggal : 7 Agustus 2007

Kegiatan*)
Pertemuan ini diawali dengan tutor kembali mengajak kembali warga belajar tentang huruf abjad secara keseluruhan. Pada pertemuan ini, tutor meminta warga belajar maju ke papan tulis untuk menuliskan kata yang diminta oleh tutor. Hal ini sebenarnya merupakan langkah yang diambil oleh tutor untuk megetahui bagaimana kemampuan warga belajar utnuk menuliskan kata tanpa bantuan orang lain. Kata yang ditulis oleh masing-masing warga belajar berbeda antara satu dengan yang lainnya.
Warga kembali diajak untuk mengingat abjad dan membaca kata yang terdapat dalam buku panduan secara individu. Dari pertemuan ini dikatahui bahwa masih ada warga belajar yang belum dapat menuliskan kata dan membaca secara individu. Warga ini kemudian dibantu secara khusus oleh tutor.

*) Catatan :
1) Mencatat seluruh proses pembelajaran di kelompok belajar selama satu kali pertemuan
2) Mencatat kemajuan tiap WB dalam hal Diskusi – CALISTUNG – Aksi
3) Dukungan/bantuan yang diberikan tutor dalam membantu WB belajar di kelas
4) Kemukakan masalah yang dihadapi berkaitan dengan proses pembelajaran dan upaya pemecahannya.





Lampiran-Lampiran Evaluasi Pembelajaran

Lampiran 7

FORMAT BUKU CATATAN HARIAN TUTOR
(Bisa dibuat dalam buku tulis biasa)

Materi : Mengenal Angka, Membaca, dan
Menulis Bilangan (diisi sesuai materi yang dibahas)
Pertemuan ke : IX
Tanggal : 12 Agustus 2007

Kegiatan*)
Tutor meminta warga belajar untuk menuliskan angka 1 sampai dengan 10 pada kertas yang dibagikan. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah warga belajar sudah mengenal angka atau belum. Tutor kemudian meminta satu per satu warga belajar untuk menunjukkan angka yang disebutkan oleh tutor pada media yang telah dipersiapkan. Angka yang dimaksudkan dalam pertemuan ini adalah dari 1 sampai dengan 100.
Materi selanjutnya yang dibahas dalam pertemuan ini adalah membaca dan menulis bilangan. Tutor memilih bilangan yang agak besar agar warga belajar dapat menunjukkan nilai tempat dari masing-masing angka. Dalam kegiatan ini warga belajar masih kesulitan dalam menunjukkan nilai tempat dari bilangan yang ditulisnya.

*) Catatan :
1) Mencatat seluruh proses pembelajaran di kelompok belajar selama satu kali pertemuan
2) Mencatat kemajuan tiap WB dalam hal Diskusi – CALISTUNG – Aksi
3) Dukungan/bantuan yang diberikan tutor dalam membantu WB belajar di kelas
4) Kemukakan masalah yang dihadapi berkaitan dengan proses pembelajaran dan upaya pemecahannya.





Lampiran-Lampiran Evaluasi Pembelajaran

Lampiran 7

FORMAT BUKU CATATAN HARIAN TUTOR
(Bisa dibuat dalam buku tulis biasa)

Materi : Membaca dan Menulis Kata, serta
Penjumlahan dan Pengurangan (diisi sesuai materi yang dibahas)
Pertemuan ke : X
Tanggal : 19 Agustus 2007

Kegiatan*)
Pada Pertemuan kesepuluh ini, tutor tidak hanya mengajarkan materi bahasa Indonesia kepada warga belajar, tetapi juga mengajarkan materi berhitung. Untuk materi bahasa Indonesia, Tutor mengulang kembali cara membaca abjad di papan tulis.
Setelahnya, tutor meminta setiap warga belajar untuk menulis suatu gabungan kata atau kalimat singkat. Kalimat singkat yang ditulis oleh warga belajar berbeda setiap orangnya. Salah satu contoh kalimat yang ditulis adalah SEMUA PERGI PESTA
Sedangkan untuk materi berhitung, tutor mngajarkan penjumlahan dan pengurangan dengan cara ke bawah. Setelah tutor menjelaskan di papan tulis, warga belajar diminta kembali untuk mengerjakan soal yang diberikan tutor di papan tulis. Secara umum, untuk materi berhitung, sebagian besar warga belajar sudah mengetahuinya.

*) Catatan :
1) Mencatat seluruh proses pembelajaran di kelompok belajar selama satu kali pertemuan
2) Mencatat kemajuan tiap WB dalam hal Diskusi – CALISTUNG – Aksi
3) Dukungan/bantuan yang diberikan tutor dalam membantu WB belajar di kelas
4) Kemukakan masalah yang dihadapi berkaitan dengan proses pembelajaran dan upaya pemecahannya.


Lampiran-Lampiran Evaluasi Pembelajaran

Lampiran 7

FORMAT BUKU CATATAN HARIAN TUTOR
(Bisa dibuat dalam buku tulis biasa)

Materi : Pemenggalan Kata atas Suku Kata dan
Membaca Waktu/Jam (diisi sesuai materi yang dibahas)
Pertemuan ke : XI
Tanggal : 21 Agustus 2007

Kegiatan*)
Pada awal pertemuan tutor mengajak warga belajar untuk mengingat kembali huruf abjad secara keseluruhan. Tutor menuliskan suatu kata di papan tulis dan menjelaskan mengenai pemenggalan suku kata. Selanjutnya, setelah beberapa kata dijelaskan, tutor meminta warga belajar untuk memenggal kata yang disebutkan oleh tutor.
Membaca waktu/jam merupakan materi yang mudah bagi warga belajar, karena hampir seluruh warga belajar mengetahui cara membaca waktu/jam tersebut. Hal ini diketahui ketik atutor meminta satu per satu warga belajar untuk membaca waktu yang digambarkan tutor di papan tulis.

*) Catatan :
1) Mencatat seluruh proses pembelajaran di kelompok belajar selama satu kali pertemuan
2) Mencatat kemajuan tiap WB dalam hal Diskusi – CALISTUNG – Aksi
3) Dukungan/bantuan yang diberikan tutor dalam membantu WB belajar di kelas
4) Kemukakan masalah yang dihadapi berkaitan dengan proses pembelajaran dan upaya pemecahannya.








Lampiran-Lampiran Evaluasi Pembelajaran

Lampiran 7

FORMAT BUKU CATATAN HARIAN TUTOR
(Bisa dibuat dalam buku tulis biasa)

Materi : Menuliskan lambang Bilangan dan
Operasi Perhitungan (Tambah, Kurang,
Bagi, dan Kali) (diisi sesuai materi yang dibahas)
Pertemuan ke : XII
Tanggal : 26 Agustus 2007

Kegiatan*)
Pada pertemuan keduabelas ini, para warga belajar diminta untuk menuliskan lambang bilangan yang disebutkan oleh tutor, menulis bilangan ke dalam kata, dan menunjukkan nilai tempat dari masing-masing bilangan tersebut. Sebagian warga belajar masih mengalami kesulitan dalam kegiatan ini, tetapi ada beberapa warga yang sudah menguasai materi ini.
Selanjutnya, tutor mengingatkan warga belajar mengenai lambang-lambang operasi dalam berhitung, baik tanda +, -, x, dan :. Pada kegiatan ini, tutor memfokuskan pada perhitungan pengurangan yang dilakukan dengan sistem pinjam, perkalian dengan hasil ratusan dan ribuan, serta pembagian. Tutor menuntut warga belajar untuk mengetahui jalan atau cara perhitungan bukan hasil akhirnya.

*) Catatan :
1) Mencatat seluruh proses pembelajaran di kelompok belajar selama satu kali pertemuan
2) Mencatat kemajuan tiap WB dalam hal Diskusi – CALISTUNG – Aksi
3) Dukungan/bantuan yang diberikan tutor dalam membantu WB belajar di kelas
4) Kemukakan masalah yang dihadapi berkaitan dengan proses pembelajaran dan upaya pemecahannya.

0 komentar:

 

My Blog List

Link

Education and Training Blogs - BlogCatalog Blog Directory

cari artikel, makalah, skripsi disini Copyright © 2009 FreshBrown is Designed by Simran