Selasa, 16 Juni 2009

Membangun Parepare menjadi kota wisata

Membayangkan Parepare dibangun seperti tempat wisata Pantai Ancol di Jakarta dipadu dengan beberapa fasilitas permainan Disneyland tentu sangat menyenangkan dan luar biasa. Apalagi suasana-nya seperti Pantai Copacabana di Brazil. Wah tentu sangat menakjubkan sebagai pusat wisata pantai dan hiburan keluarga di Sulawesi Selatan.
Kota Parepare memang luar biasa, sungguh indah ! Pantas saja mantan Presiden Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie menjuluki tempat kelahirannya itu sebagai Monte Carlo-nya Indonesia. Di malam hari kita bisa memandang keindahan Kota Parepare dipinggir laut yang luas membentang dari kaki bukit di pinggiran kota. Barulah kita menyadari ada sebuah mutiara terpendam disana. Mutiara yang harus di gali dan di asah agar lebih berkilau dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi untuk ditawarkan pada investor.
Salah satu keunggulan Kota Parepare adalah letaknya yang langsung bersinggungan dengan garis pantai. Beberapa infrastruktur kota seolah menjadi bagian penting dari pantai. Ini membuat pergerakan apapun dari laut ke daratan begitu mudah dan efisien. Tidak banyak kota di Indonesia yang berdiri atau dibangun menyatu dengan pantainya seperti Kota Parepare ini. Contohnya adalah Pelabuhan Nusantara Parepare tempat berlabuh kapal penumpang dan barang yang menyatu dengan kota dan menjadi bagian pusat Kota Parepare.
Parepare membutuhkan sebuah terobosan yang baru dan luar biasa untuk maju dan berbeda. Sesuatu yang membuat perekonomian wilayah Parepare dan sekitarnya melaju dengan cepat agar bisa lebih mandiri secara ekonomi untuk meraih kemakmuran di era otonomi daerah ini. Membuat masyarakat Parepare lebih sejahtera dan bisa memperkecil pengangguran. Salah satunya adalah dengan mengadakan sebuah Proyek Akbar membangun Kota Parepare sebagai pusat kota wisata pantai dan hiburan keluarga di Sulawesi Selatan. Bisakah?
Tentu saja bisa ! Tak ada yang tak mungkin. Tentu saja semua itu demi kepentingan dan kemakmuran masyarakat Parepare sendiri. Rakyat Parepare hanya membutuhkan sebuah komitmen dan kebulatan tekad yang kuat untuk memulai proyek ini. Komitmen ini dibutuhkan pemerintah Kota Parepare dan investor untuk bekerja dengan tenang dan aman. Oleh karena itu perlu diadakan sosialisasi terlebih dahulu untuk mengetahui pendapat masyarakat dari berbagai kalangan. Rakyat Parepare harus diberi waktu yang cukup untuk mendapatkan informasi mengenai proyek akbar ini.
Tata Ulang Kota Parepare
Untuk mewujudkan proyek akbar ini, tata ulang Kota Parepare tak dapat dihindari. Jalan-jalan akan dibuat lebih lebar dan panjang yang sekaligus berfungsi sebagai dermaga tempat ratusan speed boat dan jet ski yang disediakan untuk wisatawan bersandar. Pusat perbelanjaan modern, mal, café, hotel, restaurant, arena bermain dan lain-lain akan dibangun sebagai fasilitas pendukung bagi para wisatawan domestic dan manca negara. Juga akan ada ruang terbuka yang luas untuk sebuah taman atau hutan kota . Para wisatawan ini bisa bermain dengan air laut di tepi taman sembari memandang keindahan laut yang membentang luas dan menyaksikan tenggelamnya matahari di ufuk barat.
Jadi, dari sekilas gambaran rencana tata ulang Kota Parepare ini dapat dibaca dengan jelas oleh masyarakat Kota Parepare bahwa ada beberapa bagian kota yang harus di rekonstruksi kembali. Artinya akan ada langkah penggusuran pemukiman warga terutama warga yang berada di garis pantai.
Namun warga masyarakat yang terkena penggusuran tak perlu cemas. Pemerintah kota dan investor harus menjamin ganti rugi yang layak. Prioritas utama yang ditawarkan adalah relokasi dan resettlement warga ke pinggiran kota. Investor dan Pemerintah Kota Parepare harus menampung masukan warga tergusur untuk kepentingan kedua belah pihak. Ini adalah syarat mutlak bagi investor. Warga harus sudah menempati pemukiman baru lengkap dengan fasilitasnya dengan kualitas baik sebelum proyek di mulai.
Diharapkan satu-satunyanya fasilitas public yang tidak digusur adalah Pelabuhan Nusantara Parepare. Tindakan yang tepat dan perlu dilakukan adalah renovasi dan modernisasi Pelabuhan Nusantara menjadi lebih sesuai dengan citra kota wisata pantai. Alasan lain Pelabuhan Nusantara tetap dipertahankan adalah bahwa kota wisata pantai yang dibangun ini adalah merupakan kota wisata yang terbuka bagi siapa saja. Tak boleh ada wisatawan yang harus diistimewakan. Semua punya hak yang sama untuk menikmati fasilitas yang ditawarkan.
Daya Dukung dan Prospek Ekonomi
Pabrik semen di Sulawesi Selatan diharapkan menjadi salah satu faktor pendukung. Jaminan ketersediaan pasokan semen dapat menjadi nilai tambah bagi investor untuk membangun proyek ini. Prasarana dan sarana jalan juga sudah cukup bagus dan mulus. Tenaga kerja cukup banyak tersedia. Ketersediaan listrik juga akan berlimpah seiring dengan dibangunnya Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Gorontalo bila benart-benar terwujud. Pemerintah Kota Parepare hanya perlu memikirkan berbagai insentif bagi investor, jaminan keamanan dan jaminan berusaha.
Menyangkut pemberian berbagai insentif untuk menarik investor, sangat terkait dengan reformasi birokrasi. Peraturan daerah yang bermasalah dan memberatkan investor harus ditinjau kembali. Mental aparatur pemerintah kota (PNS) juga turut diubah. Tidak boleh ada satu instansi-pun yang melakukan pungli pada investor. Masyarakat juga harus melakukan tindakan yang sama untuk mendukung pemerintahan yang bersih dan kehidupan sosial yang sehat. Pengawasan harus terus menerus dilakukan. Hukum harus ditegakkan dengan tegas dan seadil-adilnya tanpa pandang bulu. Tidak boleh ada tindakan anarki sekecil apapun untuk menjaga iklim usaha yang tenang dan nyaman.
Bila proyek ini benar-benar terwujud, Kota Parepare memiliki prospek ekonomi yang cerah. Proyek akbar ini adalah proyek investasi yang padat modal dan padat karya. Uang ratusan milyar rupiah akan berputar di Parepare. Tenaga kerja akan banyak terserap.
Oleh karena itu masyarakat Parepare harus memiliki dedikasi yang tinggi dan mau bekerja keras sebagai orientasi baru pandangan hidupnya demi membangun Parepare ke masa depan.
Nah , apakah DPRD dan Pemerintah Kota Parepare tertarik ? Mari kita melakukan roadshow mencari investor ke Dubai, Arab Saudi, Amerika Serikat, Australia dan Jepang, he …he… he..
Siapa tahu, kan ?
Kita tunggu pendapat para pejabat dan tokoh masyarakat Parepare mengenai usulan ini. Semua boleh bicara apa saja. Kirim ke Pare Pos tentu saja !

Tulisan ini pernah dimuat di Koran Harian Pare Pos tanggal 05 Desember 2006

0 komentar:

 

My Blog List

Link

Education and Training Blogs - BlogCatalog Blog Directory

cari artikel, makalah, skripsi disini Copyright © 2009 FreshBrown is Designed by Simran