Minggu, 24 Mei 2009

PETUNJUK PENULISAN ARTIKEL SIMPOSIUM NASIONAL RAPI 2007 (14pt Bold)

Denny Vitasari1 , Ummu Latifah2 (12pt Bold)
1Jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura 57102 Telp 0271 717417 ext 224
2Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta
Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura 57102 Telp 0271 717417 ext 223
Email: denny.vitasari@ums.ac.id 



Abstrak ( 10pt Bold)

Petunjuk ini merupakan format yang digunakan pada artikel Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri (RAPI) 2007. Simposium ini diselenggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta. Artikel diawali dengan judul artikel, nama penulis, dan alamat kontak, diikuti abstrak yang ditulis dengan huruf miring (Italic) sepanjang 150-250 kata dengan margin kiri 35 mm dan margin kanan 30 mm. Abstrak ditulis dengan format satu kolom. Judul artikel dan nama penulis (tanpa gelar akademis) ditulis rata tengah pada halaman pertama. Jarak antara judul dengan nama penulis adalah 2 spasi (10 pt) demikian juga untuk jarak alamat ke judul Abstrak juga 2 spasi. Jarak antara teks abstrak dengan judul abstrak 1 spasi. Kata kunci ditulis di bawah teks abstrak, disusun urut abjad dan dipisahkan oleh tanda titik koma. Penulis yang akan mempresentasikan makalah harus digaris bawahi (seperti contoh).

  Kata kunci: artikel; format penulisan; SRKP 2007

Pendahuluan 
Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri (RAPI) 2007 dengan nomor ISSN 1412-9612 akan disusun dari artikel yang disiapkan oleh peserta dan dikirim ke panitia penyelenggara. Untuk dapat dimuat dalam prosiding tersebut, artikel harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia. Artikel harus ditulis pada halaman berukuran A4 dan dengan format margin kiri 25 mm, margin kanan 20 mm, margin bawah 25 mm dan margin atas 30 mm, serta harus diketik dengan jenis huruf Times New Roman dengan font 10 pt, satu spasi dan dalam format satu kolom. 
Artikel dibuat tanpa nomor halaman dan sebaiknya disusun dengan urut-urutan topik bahasan: Pendahuluan, Bahan dan Metode Penelitian (atau Pengembangan Model), Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan, Ucapan Terima Kasih (jika ada), Daftar Notasi (jika ada) dan Daftar Pustaka. Jarak antara sub judul dengan teks sebelumnya adalah satu spasi.

Petunjuk Umum 
Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Setiap makalah terdiri dari 6-8 halaman (3.000-5.000 kata) termasuk gambar dan tabel. Untuk gambar atau grafik yang berwarna, warna tetap akan dipertahankan dalam Prosiding berbentuk CD, namun disampaikan kepada peserta bahwa panitia hanya menyediakan prosiding cetak dalam format hitam-putih. Sub judul ditulis dengan huruf tebal dengan format Title Case dan disusun rata kiri tanpa nomor dan garis bawah. Sub sub judul ditulis dengan huruf tebal dengan format Sentence Case dan disusun rata kiri tanpa nomor dan garis bawah. Gambar diletakkan di dalam kelompok teks dan diberi keterangan Gambar dan nomor diikuti dengan judul gambar yang diletakkan di bawah gambar yang bersangkutan. Demikian juga untuk tabel tetapi diletakkan di atas tabel yang bersangkutan. Gambar harus dijamin dapat tercetak dengan jelas. Gambar dan tabel diletakkan di bagian tengah halaman.
Artikel dikirimkan dalam bentk soft copy file dalam CD atau melalui email (rapi2007@gmail.com). Artikel diharapkan diketik dengan Microsoft Word dan sudah siap untuk dicetak (Camera ready). Selain itu juga dilampirkan Data Pribadi Penyaji yang meliputi nama penulis (lengkap dengan gelar akademis), tempat dan tanggal lahir, instansi tempat bekerja, alamat korespondensi, alamat email, pendidikan, pengalaman penelitian dan publikasi terpilih. Perlu diperhatikan bahwa panitia akan melakukan perbaikan minor pada artikel yang masuk agar sesuai dengan format yang telah ditentukan.  
Artikel yang akan dipublikasikan di Prosiding Simposium Nasional Rekayasa Aplikasi Perancangan dan Industri (RAPI) 2007 ini dapat dikirimkan kepada alamat berikut:

Panitia RAPI 2007
Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta 
Jl. A. Yani Tromol Pos 1 Pabelan Kartasura 57102
Telp. 0271 717417 ext 246 
Email : rapi2007@gmail.com

Panduan Penulisan Persamaan
Setiap persamaan ditulis rata tengah dan diberi nomor yang ditulis di dalam kurung dan nomor tersebut ditempatkan di akhir margin kanan dari kolomnya. Persamaan harus dituliskan menggunakan Equation Editor dalam MS Word.
Contoh penulisan persamaan adalah sebagai berikut :
  (1)

V = R x I (1)


Sumber pustaka dituliskan di dalam uraian hanya terdiri dari nama penulis dan tahun penerbitannya. 

Contoh: 
Koefisien transfer massa di region I dipengaruhi oleh laju alir gas, sedangkan koefisien di region II dipengaruhi oleh kecepatan pengadukan (Lee and Foster, 1990; Shewale and Pandit, 2006).

Daftar Notasi (satuan harus menggunakan sistem Satuan Internasional (SI))

P = tekanan total, atm
R = konstanta gas, J/(kgmol K)
T = suhu operasi, K

Daftar Pustaka

Pustaka yang berupa majalah/jurnal ilmiah/prosiding
Garcia-Ochoa, F. F. and Gomez, E., (2004), "Theoretical prediction of gas-liquid mass transfer coefficient, specific area and hold-up in sparged stirred tanks" Chemical Engineering Science, Vol. 59 (12) pp. 2489-2501.
Pustaka yang berupa judul buku :
Paul, E. L., et al., (2004), "Handbook of Industrial Mixing", John Wiley & Sons, Inc., pp. 34-36
Pustaka yang berupa disertasi/thesis/skripsi
Sillanpaa, M. (2005), "Studies on Washing in Kraft Pulp Bleaching. Faculty of Technology", PhD Thesis, Department of Process and Environmental Engineering, Oulu, University of Oulu, Finland, pp. 100-105

Pustaka yang berupa paten/prosedur
Primack, H.S., (1983), “Method of Stabilizing Polyvalent Solutions”, U.S. Patent No. 4,373,104

Pustaka yang berupa bagian buku
Durst, R. A. and Bates, R. G., (2000), "Hydrogen-Ion Activity" in Kirk-Othmer Encyclopedia of Chemical Technology, John Wiley & Sons, Inc.,Vol. 13., pp. 24-25

0 komentar:

 

My Blog List

Link

Education and Training Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Academics Business Directory - BTS Local

cari artikel, makalah, skripsi disini Copyright © 2009 FreshBrown is Designed by Simran